Saturday, 19 January 2019

Cara menjalankan Ms.Word

Asalamualaikum wr.wb



MENGENAL MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang
yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar,
membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-
dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal
beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen
Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya,
merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program
ini. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Pada bagian Baris Judul, dapat kita lihat nama file yang sedang kita buka, jika kita
belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, biasanya Microsoft Word
akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
Istilah Menu yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang
hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam menu ini,
terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada Baris
Menu.
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses
sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan
tombol-tombol pada toolbar tersebut.
MEMULAI MICROSOFT WORD
A. Membuka Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, diantaranya
adalah :
1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu Program
3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela
program Microsoft Word ditampilkan.
B. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung
ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara
otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam
membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol
General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan alternatif cara :
1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita
memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka
dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
C. Membuka File yang sudah tesimpan
Untuk membuka file Microsoft Word yang sudah tersimpan, dapat dilakukan dengan cara:
1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
Alternatif lain :
1. Klik tombol Open File pada baris menu.
2. Tekan Ctrl+O.
Dari kedua cara di atas, akan menghasilkan tampulan kotak dialog Open File, pilih file
yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Klik tombol Open,
maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
D. Menyimpan Dokumen
Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini
dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save.
2. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik
Save.
3. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer
padam secara mendadak.
Alternatif lain dalam penyimpanan file :
1. Klik tombol Save pada baris menu.
2. Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen, dan
klik Save.
E. Menutup file Dokumen
1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih
menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang
sedang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
F. Menutup Jendela Microsoft Word
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik Exit, maka jendela Microsoft Word
akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan
mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
Sekian info yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat.
Wasalam.

Share this