Monday, 7 January 2019

Manfaat Internet Dalam Bidang Bisnis

Asalamualaikum wr.wb


Habis mandi melihat wayang
Wayang bergerak karena dalang
Saya ucapkan selamat datang
Untuk para pembaca yg berkunjung

internet sudah jadi suatu kebutuhan di jaman era milenial ini lalu berbagai kemajuan pun di hasilkan dengan adanya internet .

Salah satu nya yaitu pemanfaatan internet dalam bidang bisnis , apa saja ya manfaat internet dalam bidang

bisnis ? mari kita simak di bawah ini.
Pemanfaatan Internet dalam bidang bisnis dibagi menjadi dua bagian yaitu bisnis
online dan pemasaran.

Bisnis Online
Internet juga dapat dijadikan media untuk melakukan bisnis, maka
kemudian

berkembanglah apa yang dikenal dengan istilah bisnis online. Dengan bermodalkan

sebuah situs yang dirancang untuk bisnis online maka bisnis yang dilakukan melalui

dunia maya sudah dapat berlangsung. Peluang bisnis non konvensional ini langsung

direspon oleh banyak pihak, ada pihak yang memang serius terjun ke bisnis online

namun banyak juga yang sekedar mencoba-coba. Bisnis online yang tumbuh mulai

dari skala kecil sampai skala besar. Di antara perusahaan yang sukses mendunia

melakukan bisnis lewat internet adalah amazon.com yang sering dijadikan contoh

ideal kesuksesan dari sebuah bisnis online.

Bisnis online melalui Internet pada dasarnya merupakan bisnis yang menjan-

jikan mengingat pasarnya adalah pengguna Internet yang tersebar di seluruh dunia.

Namun dalam prakteknya banyak kendala yang menghambat perkembangan bis-

nis online. Pertama, masalah
keamanan dalam melakukan transaksi online. Masih

banyak orang yang ragu apakah transaksi pembayaran kartu kredit yang dilakukannya

benar-benar aman? Meskipun situs bisnis online tersebut sudah menggunakan sistem

pengamanan yang canggih seperti
SSL Secure namun tidak dapat seratus persen

meyakinkan konsumen bahwa transaksi telah berlangsung dengan aman. Sekitar

sepuluh tahun silam, marak sekali terjadi kejahatan kartu kredit yang dikenal dengan

istilah carder ). Dalam kasus carder, Indonesia masuk peringkat atas dunia karena

banyak pelakunya yang berdomisili di wilayah Indonesia dan beberapa orang berhasil

diringkus oleh polisi. Sejak saat itu pula banyak situs bisnis online menolak transaksi

pembayaran kartu kredit dari Indonesia. Toko buku online amazon.com memang

menerima pembayaran melalui kartu kredit asal Indonesia namun menolak mengirim

barang ke wilayah Indonesia. Kedua, meskipun pengguna Internet terus meningkat

pesat namun hanya sebagian kecil saja yang menjadi pasar potensial dalam bisnis

online. Kebanyakan pengguna Internet sekarang lebih memilih aktif di situs jejaring

sosial, bermain game online atau sekedar browsing ke situs di sana sini.
Pada dasarnya bisnis online memang tidak cocok untuk semua jenis bisnis jadi

kalau banyak pelaku bisnis online yang gagal wajar saja. Selain itu sebagaimana

prinsip dasar bisnis maka bisnis online juga harus dikelola secara sungguh-sungguh.

Pada sekitar pertengahan tahun 1990-an di Indonesia mulai muncul situs belanja

eceran online, salah satunya dikelola oleh mantan aktris terkenal Lenny Marlina. Pada

awalnya situs tersebut mampu menjaring konsumen cukup banyak namun kemudian

situs itu djual ke pihak lain dan tidak jelas keberadaannya sekarang. Tahun 1999

juga pernah ada toko buku online yang bernama sanur.com namun sekarang juga

tidak terdengar lagi namanya. Kalaupun ada situs bisnis online yang cukup baik pada

umumnya itu adalah perusahaan yang basisnya adalah bisnis konvensional. Sebut

saja, bhinneka.com (bisnis barang elektronik) dan gramediaonline.com (toko buku).

Kekurangan dari situs bisnis online di Indonesia yang menjual produk adalah hampir

semua situs bisnis online tersebut belum mampu menyediakan fasilitas pembayaran

lewat kartu kredit sebagai salah satu ciri bisnis online. Pembayaran biasanya dila-

kukan dengan cara konvensional seperti transfer sehingga situs bisnis online lebih

berperan sebagai tempat memesan barang.
Jenis bisnis online yang benar-benar menikmati manfaat dari Internet adalah

situs-situs forex online seperti interbank.com, asiafxonline.com, forex.com dan bet-

ting and gambling misalnya ladbrokes.com, bet365.com, mansion.com. Kabarnya

pemilik mansion.com adalah pengusaha Indonesia setelah memperoleh uang yang

sangat banyak dari hasil menjual pabrik rokoknya. Bisnis online jenis ini meskipun

pangsa pasarnya lebih terbatas namun perputaran uangnya dalam jumlah yang sangat
besar.
Pemasaran

Peranan Internet dalam dunia bisnis yang sangat signifikan adalah berubahnya

konsep pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan mulai memanfaatkan

Internet sebagai ajang promosi ke seluruh dunia dengan membuat sebuah situs

resmi perusahaan. Situs perusahaan umumnya menampilkan company profile, produk

yang dijual dan berita menyangkut aktivitas perusahaan. Perusahaan juga menyedi-

akan fasilitas email bagi orang yang hendak menghubungi perusahaan. Tidak hanya

perusahaan besar bahkan perusahaan yang lebih kecilpun memiliki situs karena mem-

buat sebuah situs tidaklah sulit dan biayanya relatif terjangkau. Yang membedakan

adalah tampilan situs terebut dimana situs perusahaan besar biasanya dikelola se-

cara khusus sehingga data dan tampilannya sering diperbarui. Internet juga dijadikan

sebagai media untuk menggaet calon konsumen atau pelanggan. Caranya adalah

dengan mengirim email dan newsletter yang dalam teori pemasaran Philip Kotler

) merupakan contoh pemasaran langsung melalui Internet.
Salah satu jenis pemasaran yang memanfaatkan berbagai media yang ada di

Internet adalah viral marketing atau pemasaran viral. Pemasaran viral adalah model

pemasaran dari mulut ke mulut dengan menggunakan media Internet atau Internet

Word of Mouth. Viral berati virus yang penyebarannya berlangsung dengan cepat.

Datta et.al (2005 : 72) menjelaskan apa yang dimaksud dengan viral marketing,
”On the internet, viral marketing is a

marketing technique that induces web
sites or users to pass on a marketing message to other sites or users, creating a

potentially exponential growth (like a virus) in the message’s visibility and effect”

Media yang dapat digunakan dalam viral marketing yaitu email, blog, situs jejaring

sosial dan situs berbagi video.
Berkaitan dengan situs jejaring sosial dan blog yang termasuk ke dalam me-

dia sosial, dikatakan oleh Philip Kotler dalam acara peresmian workshop Hyundai

di Denpasar Bali sebagai berikut:”New marketing is social media”. Lebih lanjut
dikatakannya,” pola pemasaran lewat social media memungkinkan interaksi antara

produsen dengan konsumen produknya. Hal yang tidak mungkin ditemukan bila

menggunakan pemasaran dengan cara lama. Konsumen yang puas akan menye-

barkan kepuasan itu ke teman-temannya. Ini tidak bisa dilakukan lewat iklan.”
(Wijoseno,2011)

Dunia perbankan juga memanfaatkan Internet sebagai media untuk melayani
nasabahnya yang dikenal dengan konsep Internet Banking. Bank-bank

besar di In-
donesia seperti BCA, Mandiri, BNI, Permata sudah menyediakan layanan Internet

Banking. Pada umumnya fasilitas yang disediakan oleh Internet Banking adalah

transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa yang dilakukan dengan cara

mendebet rekening nasabah yang bersangkutan. Paling tidak nasabah tidak perlu

antri lagi di depan kasir bank seperti dahulu kala apabila hanya mentransfer atau

membayar tagihan. Pengguna Internet Banking di Indonesia semakin banyak yang

menyebabkan perputaran uang juga semakin besar sehingga Bank Indonesia ren-

cananya akan membuat aturan baru mengenai penyelenggaraan Internet Banking

yang lebih menjamin keamanan transaksi perbankan yang
dilakukan.

Baca Juga:  Pengenalan dan Sejarah Phyton

Sekian info yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan berguna ya.

Lebih serta kurangnya harap di maklum.

Singa mengaum di pegunungan
Cheetah lari ketakutan
mohon maaf atas kesalahan
Lahir batin sebelum berpamitan

Wasalam.

Share this