Asalamualaikum wr.wb
apa saja aplikasi dan pengertian sertifikat E-learning itu? mari kita simak di bawah ini
Jenis aplikasi e-learning
Adapun jenis aplikasi e-learning dalam pembelajaran jarak jauh
antara lain :
antara lain :
a. Berbasis Open Source
1. Moodle
Istilah moddle singkatan dari Modular object oriented
Dynamic Learning Environment yang berarti tempat belajar
yang dinamis dengan menggunakan model berorientasi pada
objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis
web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep
1. Moodle
Istilah moddle singkatan dari Modular object oriented
Dynamic Learning Environment yang berarti tempat belajar
yang dinamis dengan menggunakan model berorientasi pada
objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis
web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep
berorientasi pada objek. Adapun contoh moodle sebagai
berikut
2. Atutor
Aplikasi e-learning yang berbasis open source selain moodle
adalah atutor. Atutor adalah Web based open source
learning control management system (LCMS) di desain
dengan aksessibilitas dan kemampuan adaptasi. Atutor
merupakan paket software yang diproduksi untuk kegiatan
belajar berbasis internet. Pengajar dapat cepat memasang,
memaketkan dan mendistribusikan materi pembelajaran, dan
mengadakan kursus online-nya sendiri.
b. Audio dan video conferencing serta Videobroadcasting
1. Audio Conferencing
Audio confere ncing adalah interaksi atau konferensi
langsung dalam bentuk audio (suara) antar dua orang atau
lebih yang berada dalam tempat berbeda, bahkan dapat
melibatkan pembelajar yang banyak pada lokasi yang
tersebar dan berbeda. Teknologi yang digunakan adalah
sarana teiephoil. Dalam pelaksanaan audio conferencing
dibutuhkan perangkat tambahan (audio conferencing
bridge)yang dapat mengurangi gangguan (noise) maupun
interaksi pada system.
berikut
2. Atutor
Aplikasi e-learning yang berbasis open source selain moodle
adalah atutor. Atutor adalah Web based open source
learning control management system (LCMS) di desain
dengan aksessibilitas dan kemampuan adaptasi. Atutor
merupakan paket software yang diproduksi untuk kegiatan
belajar berbasis internet. Pengajar dapat cepat memasang,
memaketkan dan mendistribusikan materi pembelajaran, dan
mengadakan kursus online-nya sendiri.
b. Audio dan video conferencing serta Videobroadcasting
1. Audio Conferencing
Audio confere ncing adalah interaksi atau konferensi
langsung dalam bentuk audio (suara) antar dua orang atau
lebih yang berada dalam tempat berbeda, bahkan dapat
melibatkan pembelajar yang banyak pada lokasi yang
tersebar dan berbeda. Teknologi yang digunakan adalah
sarana teiephoil. Dalam pelaksanaan audio conferencing
dibutuhkan perangkat tambahan (audio conferencing
bridge)yang dapat mengurangi gangguan (noise) maupun
interaksi pada system.
2. Video Conferencing
Teknologi multimedia videobroadcasting dapat
memungkinkan seluruh pembelajar melihat, mendengar, dan
bekerja sama secara langsung. Sesuai namanya,
videoconferencing memberikan visualisasi secara langsung
dan lengkap kepada seluruh pembelajar dengan multimedia
(video, audio dan data)
Videoconferencing distance learning memungkinkan
interaksi antara dua orang atau lebih, dua kelas atau lebih
pada tempat yang berbeda dan waktu yang bersamaan
dengan menggunakan system multipoint. Interaksi terjadi
antara pembelajar dengan pengajar, pembelajar dengan
pembelajar lain, pembelajar dengan materi pembelajaran
dan pembelajar dengan sumber-sumber informasi
(information resources) pada lokasi yang berbeda dan
dilakukan secaralangsung (real time) dengan komunikatif
seperti pada kelas konvensional yang menerapkan tatap
muka langsung. Materi pembelajaran pada
videoconferencing distance learning disajikan dalam bentuk
suara (audio), gambar (visual), maupun teks, secara terpisah
atau bersamaan (simultan).
Adapun aplikasi videoconferencing dalam dunia
pendidikan dan proses pembelajaran antara lain :
Teknologi multimedia videobroadcasting dapat
memungkinkan seluruh pembelajar melihat, mendengar, dan
bekerja sama secara langsung. Sesuai namanya,
videoconferencing memberikan visualisasi secara langsung
dan lengkap kepada seluruh pembelajar dengan multimedia
(video, audio dan data)
Videoconferencing distance learning memungkinkan
interaksi antara dua orang atau lebih, dua kelas atau lebih
pada tempat yang berbeda dan waktu yang bersamaan
dengan menggunakan system multipoint. Interaksi terjadi
antara pembelajar dengan pengajar, pembelajar dengan
pembelajar lain, pembelajar dengan materi pembelajaran
dan pembelajar dengan sumber-sumber informasi
(information resources) pada lokasi yang berbeda dan
dilakukan secaralangsung (real time) dengan komunikatif
seperti pada kelas konvensional yang menerapkan tatap
muka langsung. Materi pembelajaran pada
videoconferencing distance learning disajikan dalam bentuk
suara (audio), gambar (visual), maupun teks, secara terpisah
atau bersamaan (simultan).
Adapun aplikasi videoconferencing dalam dunia
pendidikan dan proses pembelajaran antara lain :
a) Pertemuan (meeting)
Pengajar dengan pembelajar videoconferencing
memberikan kemampuan untuk menjelaskan
pembelajaran dengan sangat hidup dan interaktif tanpa
harus menghabiskan biaya dan waktu yang banyak untuk
melakukan sesuatu pada tempat yang sama.
b) Seminar jarak jauh (Teleseminar)
Teleseminar adalah seminar yang
diselenggarakan melalui teleconference. Teleconference
ini menjangkau beberapa tempat pada waktu yang
bersamaan.setiap tempat dihubungkan dengan media
videoconferencing, sehingga seminar dapat diikuti oleh
pembelajar dari beberapa tempat sekaligus. pembicara
seminar pun dapat menyampaikan materi seminar dari
mana saja selama dia memiliki akses ke system
videoconferencing yang digunakan untuk teleseminar
tersebut.
c) Silabus online
d) The word wide web (WWW)
Kehadiran situs web bagi suatu organisasi pada
era digital dan internet sebagai pintu masuk menemukan
dan mengenal untuk memperoleh informasi suatu
organisasi di lingkungan dunia maya.
Pengajar dengan pembelajar videoconferencing
memberikan kemampuan untuk menjelaskan
pembelajaran dengan sangat hidup dan interaktif tanpa
harus menghabiskan biaya dan waktu yang banyak untuk
melakukan sesuatu pada tempat yang sama.
b) Seminar jarak jauh (Teleseminar)
Teleseminar adalah seminar yang
diselenggarakan melalui teleconference. Teleconference
ini menjangkau beberapa tempat pada waktu yang
bersamaan.setiap tempat dihubungkan dengan media
videoconferencing, sehingga seminar dapat diikuti oleh
pembelajar dari beberapa tempat sekaligus. pembicara
seminar pun dapat menyampaikan materi seminar dari
mana saja selama dia memiliki akses ke system
videoconferencing yang digunakan untuk teleseminar
tersebut.
c) Silabus online
d) The word wide web (WWW)
Kehadiran situs web bagi suatu organisasi pada
era digital dan internet sebagai pintu masuk menemukan
dan mengenal untuk memperoleh informasi suatu
organisasi di lingkungan dunia maya.
e) Elektronik mail (e-mail) atau surat elektronik
E-mail merupakan surat elektronik yang
menyediakan suatu infrastuktur komunikasi baru. E-mail
umumnya digunakan untuk menukar pesan tertulis,
mengirim dan menerima dari jaringan telekomunikasi
seseorang. Seseorang pengguna e-mail di sediakan
sebuah mailbox elektronik dengan sebuah alamat.
Sebuah pesan sering kali berupa sebuah catatan atau
memo. Tetapi juga berupa dokumen kerja seperti
spreadsheet, atau grafik. Bentuk catatan dalam sebuah e-
mail melalui penggunaan mailbox elektronik di intemet,
untuk memperoleh informasi.
f) Voice mail
Sistem voice mail menyimpan pesan suara yang
diubah dalam bentuk digital. Pesan suara dikirim dalam
bentuk diktat kepada penerima telephon mailbox. Pesan
suara secara digit disimpan pada keduanya dengan alat
penyimpan, seperti disk magnetic. Ketika penerima
mendapatkan kembali pesan dari mailbox, pesan diubah
kembali pada bentuk suara asli. Pesan suara diatur
dengan menekan serangkaian tombol telephon. Penerima
pesan dapat mengulangi atau meneruskan pesan atau
mengirimkan melalui mailbox lain.
E-mail merupakan surat elektronik yang
menyediakan suatu infrastuktur komunikasi baru. E-mail
umumnya digunakan untuk menukar pesan tertulis,
mengirim dan menerima dari jaringan telekomunikasi
seseorang. Seseorang pengguna e-mail di sediakan
sebuah mailbox elektronik dengan sebuah alamat.
Sebuah pesan sering kali berupa sebuah catatan atau
memo. Tetapi juga berupa dokumen kerja seperti
spreadsheet, atau grafik. Bentuk catatan dalam sebuah e-
mail melalui penggunaan mailbox elektronik di intemet,
untuk memperoleh informasi.
f) Voice mail
Sistem voice mail menyimpan pesan suara yang
diubah dalam bentuk digital. Pesan suara dikirim dalam
bentuk diktat kepada penerima telephon mailbox. Pesan
suara secara digit disimpan pada keduanya dengan alat
penyimpan, seperti disk magnetic. Ketika penerima
mendapatkan kembali pesan dari mailbox, pesan diubah
kembali pada bentuk suara asli. Pesan suara diatur
dengan menekan serangkaian tombol telephon. Penerima
pesan dapat mengulangi atau meneruskan pesan atau
mengirimkan melalui mailbox lain.
g) Telekkonferensi dan system pertemuan elektronik
h) Pengirim pesan kilat (instant messenger)
Pengirim pesan kilat (instant messenger)
berfungsi untuk memudahkan berkomunikasi tidak
terbatas waktu, ruang dan orang, dilakukan kapan saja,
dimana saja, dengan siapapun. Disebut pesan kilat
karena pesan dikirim hanya hitungan detik dan dapat
langsung terbalas. Bentuk pesan yang dikirim dapat
berupa teks, suara atau video.
3. Videobroadcasting
Videabroadcasting merupakan salah satu teknologi e-
learning interaktif yang bersifat satu arah (komunikasi
linear). Penggunaan program e-learning dengan program
videobroadcasting lebih banyak digunakan dibandingkan
dengan audio conferencing. Hal ini trejadi karena sifat
videobroadcasting yang audio visual. Dalam prinsip belajar
diungkapkan bahwa belajar akan lebih berhasil jika
melibatkan banyak indera. Sasaran pesertanya dalam jumlah
yang besar (massal) dan menyebar (dispersed). sebagai
media transaksinya umumnya menggunakan media satelit.
Pembelajar mengikuti program pembelajaran melalui
videobroadcasting dengan cara melihat dan mendengar
pesawat televise yang terhubung kestasiun (broadcaster)
h) Pengirim pesan kilat (instant messenger)
Pengirim pesan kilat (instant messenger)
berfungsi untuk memudahkan berkomunikasi tidak
terbatas waktu, ruang dan orang, dilakukan kapan saja,
dimana saja, dengan siapapun. Disebut pesan kilat
karena pesan dikirim hanya hitungan detik dan dapat
langsung terbalas. Bentuk pesan yang dikirim dapat
berupa teks, suara atau video.
3. Videobroadcasting
Videabroadcasting merupakan salah satu teknologi e-
learning interaktif yang bersifat satu arah (komunikasi
linear). Penggunaan program e-learning dengan program
videobroadcasting lebih banyak digunakan dibandingkan
dengan audio conferencing. Hal ini trejadi karena sifat
videobroadcasting yang audio visual. Dalam prinsip belajar
diungkapkan bahwa belajar akan lebih berhasil jika
melibatkan banyak indera. Sasaran pesertanya dalam jumlah
yang besar (massal) dan menyebar (dispersed). sebagai
media transaksinya umumnya menggunakan media satelit.
Pembelajar mengikuti program pembelajaran melalui
videobroadcasting dengan cara melihat dan mendengar
pesawat televise yang terhubung kestasiun (broadcaster)
tertentu melalui antenna penerima biasa atau antenna
parabola yang dilengkapi decoder khusus.
parabola yang dilengkapi decoder khusus.
c. Sertifikat pada e-learning
penggunaan e-learning
membutuhkan jaminan akan
kerahasiaan informasi (confidentiality), keutuhan dan keasrian
informasi (integrity), keabsahan pengiriman informasi
(authentication) dan pengakuan terhadap informasi yang dikirim
sehingga tidak ada data yang disangkal, hal ini merupakan
syarat yang mutlak dalam system e-learning.
E-learning hanya digunakan oleh orang yang berhak.
Namun, masih banyak kendala dan tantangan yang perlu
mendapatkan perhatian. Pada system e-learning seringkali
terjadi penyalahgunaan sehingga dapat mencemarkan nama baik
seseorang atau penyelenggara program e-learning. Untuk
menghindari penyalagunaan itu, seperti pemalsuan, maka
digunakan senifikat digital dengan memanfaatkan infrastruktur
kunci public,certification Authority (CA) adalah sebuah
lembaga atau badan yang bertanggung jawab terhadap
pengoperasian infrastruktur kunci public dan pengelolaan
sertifikat digital
membutuhkan jaminan akan
kerahasiaan informasi (confidentiality), keutuhan dan keasrian
informasi (integrity), keabsahan pengiriman informasi
(authentication) dan pengakuan terhadap informasi yang dikirim
sehingga tidak ada data yang disangkal, hal ini merupakan
syarat yang mutlak dalam system e-learning.
E-learning hanya digunakan oleh orang yang berhak.
Namun, masih banyak kendala dan tantangan yang perlu
mendapatkan perhatian. Pada system e-learning seringkali
terjadi penyalahgunaan sehingga dapat mencemarkan nama baik
seseorang atau penyelenggara program e-learning. Untuk
menghindari penyalagunaan itu, seperti pemalsuan, maka
digunakan senifikat digital dengan memanfaatkan infrastruktur
kunci public,certification Authority (CA) adalah sebuah
lembaga atau badan yang bertanggung jawab terhadap
pengoperasian infrastruktur kunci public dan pengelolaan
sertifikat digital
Sekian info yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat.
Wasalam.